Tips Melakukan Umroh Backpacker

Apa sih umroh Backpacker itu? Pernahkah kalian mendengar istilah umroh backpacker? Selain umrah dengan bantuan layanan travel pada umumnya, umrah juga bisa dilakukan dengan pergi ke Mekkah secara pribadi.

Melakukan umroh dengan berangkat langsung menuju Mekkah tanpa bantuan dari agen itulah yang dinamakan umroh backpacker. 

Kumpulan orang-orang sedang melangsungkan umroh.
Umroh backpacker umumnya dilakukan oleh para mahasiswa yang kebetulan sedang menempuh studi di Arab Saudi atau di negara sekitarnya. 

Di umroh pada umumnya, calon jamaah memakai jasa tour travel untuk mengurus segala keperluan dari keberangkatan, akomodasi, makanan, penginapan hingga kepulangan jamaah umroh. 

Namun, dengan melakukan umroh sendiri, maka harus menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri. 

See also  Kenyamanan Biaya Umroh 2022 - Paket Biaya Umroh Samira Travel

Nah, apa aja sih yang perlu dipersiapkan? Yuk simak terus artikel ini? 

Tips Melakukan Umroh Backpacker

1. Mencari Teman

Langkah pertama adalah mencari teman. Ini penting bagi kamu yang belum pernah pergi umroh sebelumnya. Adanya teman juga bisa membuat biaya umroh menjadi lebih murah. 

MIsalnya untuk penginapan, biayanya bisa dibagi dua bersama temanmu. Bergabunglah ke dalam komunitas umroh backpacker agar mendapat dan bertukar informasi.

2. Cari dan Pilih Tiket Pesawat Murah

Tujuan dari umroh backpacker salah satunya adalah untuk menekan biaya. Oleh karena itu penting untuk mencari tiket pesawat yang murah untuk perjalanan kamu nantinya. 

See also  7 Hikmah Ibadah Haji dan Umroh Bagi Umat Muslim

Belilah tiket jauh-jauh hari, dan tidak di musim umroh high season. Rajin-rajinlah mencari promo pesawat agar tidak ketinggalan promonya. 

3. Cari Penginapan Murah

Umumnya para agen perjalanan umroh akan memilih hotel untuk tempat transit dan istirahat para jamaah. 

Hotel yang dipilih pun umumnya berbintang 4 atau lima. Nah, supaya murah, para backpacker umroh biasanya mencari penginapan murah yang letaknya agak jauh dari masjidil haram.

4. Hitung Biaya Makan

Umroh sendiri membutuhkan waktu sekitar 9-12 hari jika menggunakan jasa tour travel. Namun, jika pergi sendiri tentunya akan lebih singkat, ataupun bisa menjadi lama jika ditambah dengan jalan-jalan. 

See also  Do'a Yang Dibaca Ketika Umroh Agar Mabrur

Pikirkanlah berapa lama Anda ingin melakukan perjalanan umroh, dan hitung biaya makannya. Carilah restoran yang menawarkan harga murah dengan menu yang beragam dan lezat.

5. Perhatikan Cuaca

Arab Saudi mempunyai cuaca yang cukup ekstrim. Jangan pergi di bulan Juni-Agustus sebab disana sedang ada di puncak musim panas. 

Cari tahulah musim di Arab Saudi sebelumnya, agar Anda tidak salah memilih bulan. Nah itulah tadi beberapa tips untuk melakukan umroh backpacker.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *